Tutup Akses Jalan Masyarakat, Karang Taruna Rohul Kutuk PT. SAI

Rokan Hulu – PT. Sawit Asahan Indah (SAI) yang berada di Ruang Hak Guna Usaha(HGU) yang dikelilingi oleh 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Rambah Samo,Kecamatan Ujung batu,Kecamatan Rokan IV koto dan Kecamatan Pagaran Tapah merubah jalan menjadi Parit gajah, Senin(20/09/21).

Penggalian itu berdampak buruk pada petani sawit disekelingnya yang berbatasan langsung dengan kebun perusahaan, akses jalan yang sehari harinya digunakan untuk mengeluarkan produksi sawit petani tidak dapat digunakan akibat pemutusan jalan sepihak yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Berdasarkan informasi masyarakat ujung batu yg memiliki kebun disekitaran PT . SAI, Runaldi mengatakan kepada Karang Taruna Rokan Hulu (Rohul) akses jalan kebun dijadikan parit sehingga jalan tak bisa dilalui.

Ketua Karang Taruna Rohul Harde Yanto mengatakan apabila yg disampaikan masyarakat ini benar maka kami karang taruna Rohul mengutuk perbuatan perusahaan(22/9).

“Perusahaan sudah keluar dari tujuan awal mereka berdiri yaitu membantu perkembangan kampung dan kesejahraan masyarakat, kalau begini perusahaan seolah olah mematikan masyarakat” Ujar Harde

Perlu diingat SAI memang baru memperpanjang HGU, namun perlu dipahami makna dari HGU itu oleh perusahaan Itu kan cuma Hak Guna Usaha.

“Perusahaan itu Bukan pemilik tanah, SAI itu hanya menumpang mengunanakan tanah yg dijadikan kebun sawit. Jangn sesuka hati menindas masyarakat sampai menumpang lewat pun masyrakat tdk bisa.

Kalau soal keamanan orang mencuri sawit tenaga kerja securitynya yg ditambah,

Bukan masyarakat nya yg dilarang lewat serta jalan yg digali” Tegasnya.

Karang Taruna Rohul ingatkan perusahaan, kembali kepada tujuan awal mereka berdiri dirohul ini. Jika tidak silahkan angkat kaki dari bumi Rokan Hulu.

(ilfaj)