Pemerintah dan Masyarakat Goro Persiapan Milad Syekh Abdul Wahab Rokan ke 210

KEPENUHAN – Untuk melaksanakan Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang ke 210 tahun 2021 yang dilaksanakan di desa Rantau Binuang Sakti (RBS), Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah mencapai 65 persen.

Pada gotong royong bersama persiapan Milad Syekh Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabandi yang ke 210 tahun 2021 ini diikuti, seluruh pemerintah kecamatan Kepenuha, Pemerintah Desa RBS dan masyarakat setempat, TNI, Polri serta diikuti milenial Rohul, Bung Alfa Syahputra SM.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah mulai melakukan persiapan yang diawali dengan gotong royong bersama di sekitar lokasi dalam rangka akan memperingati Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang ke 210 tahun 2021 ini,” tutur Kepala Desa RBS, Tamrin Jumat (29/10/2021) ketika melaksanakan gotong royong bersama dengan pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat setempat.

Tamrin menambahkan, bahwa persiapan pelaksaan Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang ke 210 itu tidak hanya gotong royong saja teetapi juga persiapan yang lainnya terus dilakukan sampai ke tahap finishing dan finalisasi.

“Memang hari ini kita melakukan pembersihan di lokasi, namun untuk hari berikutnya kita juga tetap melakukan persiapan yang sangat matang sampai ke tahap finishing dan finalisasi demi terlaksananya Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang ke 210,” jelas Kades RBS.

Kades RBS lebih lanjut mengutarakan, bahwa pada pelaksanaan Milad Syekh Abdul Wahab Rokan nantinya akan dilaksanakan suluk selama 10 hari oleh jamaah Tariqat Naqsabandi.

“Kegiatan Suluk 10 hari itu, tak hanya diikuti jamaah tariqat Naqsabandi di Rohul Hulu saja, tetapi juga diikuti oleh jamaah suluk yang ada di luar Rohul seperti Rokan Hilir, Dumai dan jamaah suluk dari Besilam Langkat,” terangnya.

Demi terlaksananya Milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang ke 210 tahun 2021 ini, Kepala Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat dan pemerintah serta seluruh elemen lainnya untuk bersama-sama melakukan persiapan milad ini nantinya.

Tamrin menceritakan, bahwa dihidupkannya peringatan hari kelahiran tokoh suluk yang juga ulama besar asal Rohul yang telah menyebarkan ajaran agama Islam hingga ke Asia Tenggara tersebut, sebagai bentuk penghormatan.

Mengingat, Syekh Abdul Wahab Rokan yang mempunyai nama besar dan ilmu keagamaan yang kuat. Sehingga tahun ini hingga tahun-tahun berikutnya, dilaksanakan milad Syekh Abdul Wahab Rokan yang dipusatkan di Desa RBS, sementara untuk Haul Syekh Abdul Wahab Rokan dilaksanakan di Besilam Langkat.

Diketahui Syekh Abdul Wahab Rokan lahir, 28 September 1811 M di Desa RBS, dan Wafat di Besilam Langkat, 7 Desember 1926, dalam usia 115 tahun.

Disebutkannya, digelarnya milad ini nantinya dapat dijadikan motivasi dan pelajaran terhadap nilai-nilai agama Islam, karena milad Syekh Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabandi akan dilaksanakan pada awal bulan depan.