Penilaian EKK, Pemkab Rohul Harapkan Kepenuhan Masuk Tiga Besar di Provinsi Riau

 

Rokan Hulu – Mewakili Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK), Pemkab Rohul berharap dari Penilaian EKK di Kecamatan Kepenuhan ini berorientasi dalam peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat.

 

Harapan itu disampaikan Bupati Rokan Hulu H Sukiman yang diwakili Asisten I Pemerintahan Ervan Dedy Sanjaya SSTP M.Si saat Penilaian EKK di Kecamatan Kepenuhan, Rokan Hulu, Senin (4/10/2021).

 

Kedatangan Tim Penilai EKK di Kecamatan Kepenuhan yang dipimpin Dr H. Rahyunir Rauf M.Si serta Kabag Pemerintahan Umum Sedtaprov Riau, Zaini Ali, Indra Safri dan Susanti dari Inspektorat disambut langsung Asisten I Pemerintahan Ervan Dedy Sanjaya SSTP M.Si, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos M.Si, Perwakilan DMPD Rohul dan Kepala Desa, Lurah dan Staf Kecamatan Kepenuan serta Milenial Rohul Alfa Syahputra, SM.

 

Mewakili Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Asisten I Pemerintahan Ervan Dedy Sanjaya SSTP M.Si dalam sambutannya berharap melalui Penilaian EKK di Kecamatan Kepenuhan ini dapat memacu semangat berbuat lebih baik untuk daerah Rohul, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat.

 

“Ini kali kedua Kecamatan Kepenuhan mewakili Rohul dalam penilaian EKK, pengalaman sebelumnya menjadi pembelajaran bagi kami, masukan dan saran oleh Tim Penilai EKK sampaikan telah kami tindaklanjuti,”

 

“Penilaian EKK dari Pemprov Riau di Kecamatan Kepenuhan ini sudah kita persiapkan dengan baik, bersama mendampingi tim, mana data dan dokumen yang kurang akan kita persiapkan. Penilaian EKK 2021 berjalan lancar baik tertib, karena sudah lama intens belajar dari pengalaman apa yang menjadi catatan kinerja ,” kata Ervan

 

Mantan Camat Kepenuhan ini berharap dari penilaian EKK Tahun ini Kecamatan Kepenuhan bertekad masuk dalam 3 besar di Provinsi Riau, karena sudah mendapat bimbingan pembelajaran ditahun sebelumnya, apa yang dipersiapkan dan dilengkapi 2021 menjadi terbaik di Provinsi Riau.

 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai EKK Provinsi Riau Dr H. Rahyunir Rauf M.Si mengatakan Penilaian EKK ini merupakan Evaluasi terhadap kinerja kecamatan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja kecamatan sesuai tuntutan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

 

Lanjut Rahyunir, penilaian EKK setiap tahun dilaksanakan sehingga kegiatan ini lebih berorientasi terhadap kinerja pemerintah Kecamatan dalam Pelayanan.

 

“Untuk memotivasi ini Gubernur sebegai perwakilan Pemerintah di Dearah membuat penilaian dalam bentuk lomba untuk memberi motivasi semangat untuk meningkatkan kinerjanya. Orientasinya pembinaan kecamatan, penilaian berharap ada peningkatan kinerja,” imbaunya

 

Ia menjelaskan Penilaian EKK ini sudah diatur dalam Pergub Riau Nomor 19 tahun 2019 tentang Evaluasi Kinerja Kecamatan. Ada indikator Penilaiannya terhadap penyelenggaraan pelimpahan kewenangan Bupati kepada Camat, Penyelenggaraan urusan Pemerintahan Umum, Inovasi Kecamatan dan tugas lainnya.

 

“Dari indikator itu ada Sub Indikator nya lagi yang menjadi penilaian dan yang menajadi penilaian utama itu adalah administrasi Kecamatan, Dokumen, Arsip sebagai pendukung, karena ini penkanannya kepada evaluasi kinerja kecamatan,” tegasnya

 

Oleh karena itu titik penilaian EKK ini adalah Administrasi Pemerintahan dokumen dari penyelenggaraan pemerintahan terhadap 4 indikator yang yang sudah diatur dalam Pergub Riau.

 

Ditempat yang sama, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos M.Si mengatakan masukan dan saran dalam Penilaian EKK ini menjadi suplemen atau tambahan gizi untuk aparatur Kecamatan Kepennuhan dalam meningkatkan meningkatkan kinerja terutama dalam pelayanan kepada masyarakat.

 

“Sampai hari ini kami komit peningkatan kinerja secara adminttasitif dan dokumentasi sudah kita laksanakan. Kita berharap dari Penilaian EKK ini Kecamatan Kepenuhan menjadi Kecamatan terbaik di Provinsi Riau,” harap Gustia

 

Ia mengaku 4 Indikator Penilaian EKK sudah diimplementasikan di Kecamatan Kepenuhan. Jika ada Administrasi yang belum mendukung akan dilengkapi. Secara Action dilapangan sudah dilaksanakan baik Camat sebagai Pimpinan Penyelenggaraan Pemerintahan umum, maupun koordinasi Pengawasan Pembinaan dan Pemberdayaan sudah dilakukan sampai ketingkat Desa.

 

“Harapan kita semoga nanti Tim Penilai bisa juga mempertimbanakan dokukmen dan data yang telah kita sajikan mudah-mudahan nanti target kita termasuk 3 besar terbaik di Provinsi. Karena kita kedua ikut EKK yang dipercayai Pemkab Rohul, kita terus berbenah kedepan baik, adminstrasi, tata kelola pemerintahan dan dokumentasi,” harapnya. *(MC/Kominfo/Alfa)*