Rapat Perdana FORISTREN,Ini Komentar Pengasuh Ponpes Al-Uswah H.Ramli Abdul Hamid LC.M.Ei

Rapat Perdana FORISTREN,Ini Komentar Pengasuh Ponpes Al-Uswah H.Ramli Abdul Hamid LC.M.Ei

ORETAN86.COM-Pekan Baru,Forum Ormas Islam dan Pondok Pesantren (Foristren) Provinsi Riau rangkul ormas Islam dan pimpinan Pondok Pesantren untuk mewujudkan sinergitas dan komunikasi antar ormas Islam ,Ponpes dan para ulama,

Rapat perdana internal Foristren ini bersama seluruh pengurus diadakan di Cafe Pinggiran 45 Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru yang langsung dipimpin oleh Ketua Umum Foristren Riau Dr H Asyari Nur SH MH, Sabtu (10/04).

Tampak hadir dalam rapat perdana ini Wakil Ketua H Fajeriahsyah LC MA, Yana Mulyana SPdi, Sekjen Drs H Rasydi Hamzah MA, Ayub Nahar Sag, Mizan Asnawi SE, MEc Dev, Bendahara Umun, Hj Sri Evariaty SH MH,Ketua Komisi Pondok Pesantren, KH Ramli Abdul Hamid , Ketua Komisi Infokom Drs Idris SKM, Anggota Dewan Penasehat H Kamaruzzaman Khatab MA, juga Anggota Dewan Pakar Dr H Kasmuri Selamat dan sejumlah pengurus lainnya.

Pada pertemuan itu, Dr Asyari Nur menyebutkan, Foristren lahir sebagai jawaban atas banyaknya permintaan ulama, tokoh ormas Islam, pimpinan pondok pesantren yang ada di Bumi Lancang Kuning.

“Sebab selama ini belum ada wadah organisasi untuk mengayomi, saling tukar informasi dari potensi keumatan yang sangat besar dan mulia ini. Saat ini, ada sekitar 320 pondok pesantren yang tersebar di 12 kabupaten/kota di Riau. Kemudian, 30 ormas Islam juga sudah bergabung dengan kita, bahkan banyak yang lain akan menyusul,” kata¬† Asyari Nur yang juga mantan Kakanwil Kemenag Riau ini.

Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI ) Riau ini menyebutkan, pembentukan Foristren juga sudah mendapat persetujuan dari Gubri, Wakil Gubri, Pj Sekda, Danrem juga sejumlah tokoh penting lainnya di Riau.

“Jika melihat banyaknya pondok pesantren dan ormas islam yang sudah bergabung, maka kami sangat optimis, Foristren ke depan bakal jadi besar dan kuat untuk menyatukan semua potensi yang selama ini belum tersatukan,” harapnya.

Pada rapat internal itu juga disepakati sejumlah poin, diantaranya
memantapkan program yang sudah berjalan seperti subuh keliling Riau bersama Ormas Bakomubin, Dewan Masjid Indonesia juga akan audensi dengan Gubri, Wagubri, Danrem Wirabima, Kapolda, Kajati, LAMR dan juga bupati/walikota se-Riau.

Dalam program turun ke daerah nantinya akan melakukan kerjasama dengan dinas, instansi dan pihak perusahaan. Sehingga, keberadaan Foristren betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Selain menghadapi bulan Ramadhan, silaturahmi pengurus Foristren ini juga memantapkan sejumlah program kerja selama bulan puasa dan setelah lebaran idul Fitri,” pungkasnya.

Ditempat yang sama pimpinan Pondok Pesantren Al Uswah KH.Ramli Abdul Hamid LC M.Ei memaparkan,Foristren ini berdiri secara resmi di pondok pesantremn al uswah
Di mana forum ini sagat di tunggu oleh berbagai lapisan dan konponen masyarakat, karena belum ada forum yang mewadahi dan sekaligus mengayomi pondok pesantren sekaligus ormas islam,beber H.Ramli,

Tambahnya lagi,Diharapkan forum ini bisa berkifrah lebih jauh agar provinsi riau ini bisa menjadi destinasi pendidikan Islam dan sebagai wadah memperkuat Ukhuwah Islamiyyah,tutur Buya Ramli sambil mengakhiri.
(Irm/AWI)